Tuesday, 9 April 2013

Posted by Septian Hidayat
5 comments | 12:40
Siapa yang tidak kenal dengan program TuneUp Utilities? Saya yakin sebagian besar pengguna komputer mengetahui program ini. TuneUp Utilities adalah salah satu program yang digunakan untuk mempercepat kinerja Windows dengan melakukan beberapa tweak. Di samping sebagai program tweaking, registry cleaner, undeleter, dan lain-lain, TuneUp Utilities memiliki fitur yang sangat lengkap jika dibandingkan dengan program lain yang sejenis. Akan tetapi dengan kelengkapan fitur yang dimiliki TuneUp Utilities ini, ada kelemahannya, seperti biasa, program ini tidak gratis alias berbayar.



Di sini saya tidak akan membahas tentang berbayar atau gratis, ataupun saya tidak akan membahas tentang lisensi TuneUp Utilities. Akan tetapi saya akan berbagi mengenai fitur baru yang ada pada TuneUp Utilities 2012. Seperti yang anda ketahui versi terbaru dari TuneUp Utilities adalah TuneUp Utilities 2012 yang sudah diluncurkan pertengahan Oktober lalu. Pada TuneUp Utilities 2012 ini terdapat fitur yang belum pernah ada pada versi sebelumnya, yaitu TuneUp Economy Mode.


Apa itu TuneUp Economy Mode? TuneUp Economy Mode adalah salah satu fitur yang diklaim bisa memperpanjang umur baterai laptop, atau lebih tepatnya memperpanjang lama pemakaian baterai laptop hingga 30%. Kenapa saya cuma menyebutkan laptop? Karena fitur TuneUp Economy Mode lebih cocok untuk pengguna mobile yang jika sedang berada di suatu tempat yang tidak ada sumber listrik. Maka dengan mengaktifkan TuneUp Economy Mode bisa memperpanjang pemakaian baterai laptop hingga 30%. Misalkan saja jika dalam keadaan full charge baterai laptop anda hanya bertahan sampai 1 jam saja maka dengan mengaktifkan TuneUp Economy Mode akan menambah daya tahan baterai hingga 30% yaitu menjadi 1 jam 20 menit.
Oke, sekarang waktunya ke praktek. Untuk mengaktifkan fitur TuneUp Economy Mode dan memperpanjang umur baterai laptop anda sampai 30% ikuti langkah-langkah berikut.
1. Jika anda belum mempunyai software TuneUp Utilities 2012, silahkan download dahulu TuneUp Utilities 2012.
2. Instal pada komputer anda, jika anda belum memiliki lisensinya maka anda akan diberikan masa trial 15 hari.
3. Buka program TuneUp Utilities 2012.
4. Lihat pada menu kiri bawah pada ‘PC Optimization Mode’, klik pada lambang kunci (pengaturan) Economy Mode.



5. Pada jendela berikutnya pilih pada ‘Maximum Energy Savings’.




6. Setelah ini TuneUp Economy Mode masih belum berjalan/belum diaktifkan karena tampilan Windows masih sama. Untuk mengaktifkan TuneUp Economy Mode klik pada gambar baterai maka proses konfigurasi TuneUp Economy Mode akan diterapkan.




7. Setelah mengaktifkan TuneUp Economy Mode ini memang tampilan Windows anda menjadi kurang bagus atau tidak enak dilihat. Tapi dengan ini akan memperpanjang penggunaan baterai laptop anda hingga 30%.
8. Anda juga bisa melakukan konfigurasi manual untuk fitur TuneUp Economy Mode dengan cara meng-klik lambang kunci baterai sekali lagi untuk masuk ke pengaturan.
 


9. Anda bisa mengganti pengaturan Economy Mode menjadi moderate energy savings. Dengan ini tampilan Windows anda akan sedikit lebih enak dipandang. Atau anda bisa mengatur secara manual dengan memilih salah satu menu: Screen. Hardware, Services, Display, silahkan anda atur sesuai keinginan anda.



10. Nah untuk mengembalikan tampilan Windows anda seperti semula atau menonaktifkan fitur TuneUp Economy Mode anda tinggal pilih pada Standar Mode, maka tampilan Windows anda akan kembali seperti semula. Untuk mengaktifkan kembali fitur Economy Mode tinggal klik pada lambang baterai lagi.


11. Sebaiknya fitur TuneUp economy Mode anda gunakan saat tidak ada sumber listrik dan keadaan darurat di mana anda harus menghidupkan laptop anda yang tidak ada sumber listrik. 

Semoga Bermanfaat :)
Reactions:
Comments
5 Comments

5 comments:

  1. Semoga bermanfaat, berbagi bersama :)

    ReplyDelete
  2. siip... :like:

    kalo mau maen game, make mode Turbo... biar mantaap... haha :v

    ReplyDelete
  3. iya , cepat dan awet battery :D :)

    ReplyDelete
  4. Yang turbo itu tidak untuk menghemat batere, tapi cuma kerja PC di percepat, itu malah menghabiskan energi yang besar/ boros batere, tapi enak lancar.

    kalau yang ekonomi enaknya batere bisa awet tapi setingan setingan tema berubah menjadi biasa untuk mengurang kerja PC :D

    ReplyDelete
  5. @Chandra : iya sepertinya begtu , hanya untuk mempercpat knerja system Mtherboard:D
    temanya classic haha, hemat battry tuh..

    ReplyDelete

Pesan untuk Blogger

Jika sobat punya pertanyaan atau saran, silahkan tuangkan didalam kotak komentar :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
<bgsound src="http://www.4shared.com/embed/i_rKRv0L/We_Are_The_Champions_-_Instrum.swf"> </bgsound>

Home