Saturday, 13 April 2013

Posted by Septian Hidayat
No comments | 12:30
Apakah Komputer Anda berjalan sangat lambat akhir-akhir ini? Ketika anda membuka browser dan kemudian membuka dokumen word anda pasti merasakan bahwa komputer anda tidak berjalan seperti biasanya. Hal ini terjadi karena browser menyimpan banyak data ketika digunakan sehingga memperlambat kinerja PC anda. Dengan mengikuti tips sederhana berikut, dapat membantu anda supaya komputer anda berjalan cepat lagi.
Prefetch
  1. Klik pada tombol start (biasanya ditemukan di pojok kiri bawah layar Windows Anda), kemudian klik pada Run di sisi kanan menu.
  2. Ketik prefetch ke dalam kotak run dan tekan enter.
  3. Ketika jendela baru muncul tekan dan tahan tombol ctrl pada keyboard Anda dan kemudian tekan tombol A.
  4. Setelah semuanya berubah menjadi biru tahan tombol ctrl lagi dan kemudiaan tekan tombol D. * Jika Anda melihat pesan yang menyatakan bahwa anda ingin menghapus file tersebut, klik ya.
  5. Ketika semuanya selesai, tutup aplikasinya.
* Jika Anda tidak melihat Run pada menu Anda, 1) klik kanan pada ruang kosong di menu 2) klik Properties 3) pergi ke tab Start Menu dan klik tombol Customize 4) gulir ke bawah daftar sampai Anda menemukan Run Command, lalu beri tanda centang di kotak tersebut 5) klik OK. Sekarang start Menu anda akan memiliki perintah Run.
Disk Cleanup
  1. Klik pada tombol start. Klik Programs atau All Programs. Kemudian klik pada Accessories, kemudian System Tools dan kemudian Disk Cleanup.
  2. Pilih drive C: dari menu.
  3. Tempatkan tanda centang di semua kotak, Anda mungkin harus scroll ke bawah untuk memeriksa mereka semua. Klik OK. Jika kotak muncul menanyakan apakah Anda ingin menghapus file, klik Hapus File.
Msconfig
  1. Klik tombol start. Klik pada Run. Lalu ketikkan Msconfig di kotak yang terdapat pada run.
  2. Ketika jendela msconfig muncul, pergi ke tab Startup. * Perhatikan: Program yang tercantum di sini adalah semua program yang terbuka setiap kali Anda memulai komputer Anda. Beberapa program mungkin diperlukan komputer Anda untuk berjalan dengan baik. Anda mungkin memiliki progaram yang penting seperti driver suara, firewall, antivirus atau hal-hal lain yang Anda butuhkan. Berhati-hatilah saat mencentang item dari daftar ini dan pastikan mencentang program yang anda butuhkan.
  3. Hapus tanda centang semua program yang tidak anda inginkan atau butuhkan untuk dijalankan otomatis ketika anda menghidupkan komputer Anda. Kadang-kadang perangkat lunak yang tidak Anda gunakan sering tercantum di sini, seperti Adobe Reader, Internet Explorer, email atau program IM, RealPlayer atau lainnya. Anda dapat memulai program ini nanti saat Anda membutuhkannya, tidak perlu untuk menjalankannya bila anda tidak menggunakannya.
  4. Klik Apply dan Tutup. Proses ini akan meminta Anda untuk me-restart komputer Anda, Setelah itu klik restart atau Ya
Defrag
  1. Ketika komputer restart, tekan F8 pada tombol keyboard anda beberapa kali sampai Anda mendapatkan daftar opsi startup. Pilih Safe Mode dari daftar tersebut.
  2. Klik pada tombol start. Lalu pilih Programs atau All Programs. kemudian Aksesoris dan klik Defragment Disk.
  3. Pilih C: drive untuk defrag dan memulai defrag. * Peringatan – ini akan memakan waktu yang lama jika anda belum pernah mendefrag komputer anda. Jangan menggunakan komputer ketika anda mendefrag.
  4. Bila dilakukan defrag selesai dilakukan, restart komputer seperti biasa
Jika anda tidak dapat menjalankan defrag dari safe mode, Anda dapat menjalankannya dari modus startup normal. Saat menjalankan defrag dari mode normal, anda harus terlebih dahulu mematikan semua program yang berjalan dan juga mematikan screensaver Anda. Beberapa komputer tidak dapat menjalankan defrag dengan screensaver yang aktif.
Malware
Semua hal diatas pasti sudah menambah kecepatan komputer anda. Jika Anda masih mengalami masalah maka komputer Anda mungkin memiliki adware, virus atau bentuk lain dari malware yang menyerang komputer.
  1. Jalankan scan virus dengan perangkat lunak antivirus apapun yang telah diinstal pada komputer Anda. Sebelum menjalankan scan, pastikan bahwa perangkat antivirus anda suda di update.
  2. Jika Anda mengalami kesulitan menjalankan scan atau Anda tidak memiliki perangkat lunak antivirus, Anda dapat menjalankan antivirus scan gratis dari Trend Micro.
  3. Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan menyeluruh Anda mungkin ingin mempertimbangkan juga menjalankan program lain setelah selesai menjalankan scan antivirus. AdAware adalah perangkat lunak gratis yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan komputer Anda dari malware.
Jika Anda telah melakukan semua hal ini dan komputer Anda masih tidak berjalan dengan benar, Anda mungkin harus membawanya ke tempat servis terdekat. Banyak toko komputer menawarkan jasa perbaikan layana ini.

Jika anda punya tips lain silahkan tinggalkan komentar
Reactions:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Pesan untuk Blogger

Jika sobat punya pertanyaan atau saran, silahkan tuangkan didalam kotak komentar :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
<bgsound src="http://www.4shared.com/embed/i_rKRv0L/We_Are_The_Champions_-_Instrum.swf"> </bgsound>

Home