Sunday 28 April 2013

Posted by Unknown
2 comments | 21:39
Fasilitas toilet umum yang saya jumpai di Tokyo, Osaka, Kyoto dan beberapa kota lain yang sempat saya kunjungi sangat bersih, canggih dan nyaman. Dijamin betah berlama-lama nongkrong  di kloset.  
Terdapat dua jenis kloset yang biasa dijumpai di Jepang, kloset jongkok dan kloset duduk. Tetapi kloset duduk terlihat lebih mendominasi dan dilengkapi dengan tehnologi yang canggih.
Beginilah kondisi kloset duduk di Jepang.
Coba perhatikan sisi kanan kloset yang seperti remote yang dilengkapi dengan beberapa tombol. Tampak lebih dekatnya  seperti di bawah ini:
Banyak banget ya tombolnya? Tombol pada setiap kloset bervariasi, setiap kloset standarnya mempunyai tombol bidet, spray, stop, water pressure. Tetapi pada kloset yang lebih canggih terdapat lebih banyak seperti  tombol warm seat, flushing/sound dll.
Jangan buru-buru bingung ngeliat segitu banyak tombol, lihat aja keterangan dan simbolnya. Pakai sedikit imajinasi, pasti kita dengan mudah dapat memahami fungsi dari masing-masing tombol tersebut.  Ada baiknya juga saya  jelaskan fungsi masing-masing tombol.
  • Bidet,  ditandai dengan simbol  wanita atau kadang tombol ini berwarna pink. Tombol ini khusus buat wanita,  yang berfungsi   untuk mengeluarkan air  dan membilas bagian kewanitaan setelah buang air kecil.

  • Spray,  ditandai dengan simbol  b*k*ng  ( upss … sorry), biasanya berwarna hijau/biru. Berfungsi   untuk mengeluarkan air  dan membilas  bagian belakang setelah buang air besar.

  • Stop,  ditandai dengan simbol kotak berwarna oranye. Berfungsi untuk menghentikan aliran air.

  • Water pressure, ditandai dengan simbol + dan -. Berfungsi untuk memperbesar (+) atau memperkecil (-) aliran air yang dikeluarkan dari tombol  bidet dan spray.

  • Warm seat,  terdiri dari on/off. Berfungsi untuk menghangatkan dudukan kloset. Dijamin bakal betah berlama-lama duduk di kloset dan sangat bermanfaat pada saat musim dingin.

  • Flushing/sound, biasanya ditandai dengan simbol not balok. Berfungsi untuk mengeluarkan suara   kucuran air bilas kamuflase.  Tombol ini digunakan agar suara yang timbul akibat buang air besar atau buang air kecil tidak terdengar keluar toilet. Terutama pada toilet umum yang bisanya terdiri dari bilik-bilik.

  • Volume, terdiri dari simbol + dan -. Berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil suara yang dikeluarkan  oleh tombol flushing/sound.
Canggih kan? Air pembilas juga bisa di stel temperaturnya  agar terasa hangat.
Yang pasti toilet di Jepang sangat nyaman dan bersih.
Di salah satu hotel tempat saya nginap,  kloset duduknya menyatu dengan  wastafel (tempat cuci tangan)  pada bagian atasnya. Sayangnya saya gak sempat fotoin.
Air bekas cuci tangan akan masuk ke dalam tampungan air yang digunakan lagi untuk  menyiram kotoran dari kloset duduk. Konsepnya sangat cerdas, daur ulang dan sangat hemat air.  Benar-benar  go green kan?
Ada beberapa toilet di rest area yang di design dengan sangat indah, bersih bahkan mempunyai tehnologi yang lebih canggih lagi, dengan tombol-tombol yang lebih banyak, lebih complicated dan bisa jadi  bikin kita lebih bingung. Lihat aja foto-foto di bawah ini.
Tersedia juga cairan pembersih dudukan kloset seperti tampak pada foto di bawah ini.
Yang pasti selama perjalanan di Jepang ini, saya jadi punya hobi baru. Apalagi kalo bukan  mengamati toilet di hotel maupun toilet-toilet umum yang kami singgahi di sepanjang perjalanan.
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.

    WhatsApp Only>>>(+33) 753893351
    Email<<<>>>{aditya.aulia139@gmail.com}
    {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    ReplyDelete
  2. KAMI beli barang anda , berupa :
    -film positif
    -film negatif
    -klise foto 25-35mm yg belum pernah dipakai
    ( Belum ad gambar )
    -film percetakan poster
    -film majalah
    -film koran
    -film buletin
    -film ex rontgen
    -film ex perusahaan pertambangan
    -sendok ex maskapai penerbangan ( yg ad silver coating )
    -kontaktor rusak
    -breaker rusak
    -air fixer
    -mesin hp cina / samsung dsb ( harus dipisah )
    -papan jalur
    -plastik keyboard
    -micron
    - sim card hp
    -minyak jelantah ex hotel , restoran , katering , dll
    - tutup galon bekas
    - botol infus bekas
    -autan / soffell
    -Serba komputer , server , pabx , printer , processor , laptop , notebook , rak server , UPS , panel listrik , dll
    - kursi kantor , filling cabinet
    -serba jerigen ukuran 5L , 20L , 30L , drum plastik 100L & 200L
    -drum besi 200L kondisi lengkap
    -aki rusak bekas mobil , motor , truk , forklift , tower telkom
    -serba kertas duplex , hvs , dsb ukuran plano
    -serba biji plastik sudah giling / belum digiling
    - kulit kabel jenis PE GILA , PVC
    - plastik PET BENING , PET FILM , PP CETAK , PET VAKUM ( SEMUA KONDISI BERSIH )
    -limbah lain nya

    Dibeli uang :
    * pecahan rp.100.000 polimer tahun 1999 :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    - kirim gambar lengkap
    - Sebutkan seri 3 huruf depan nya
    - jumlah minimal 1 brut
    - nomor seri uang berurutan

    *pecahan rp.100 perahu layar tahun 1992 / 1992 :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    - tulisan "perahu layar"
    - nomor seri uang dari kecil ke besar

    *euro salaman pecahan $1.000.000 edisi tahun 2015 polimer :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    -harus ada sertifikat asli

    *euro gedong panjang pecahan $1.000.000 edisi tahun 2015 polimer :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    -harus ada sertifikat asli

    ***Syarat barang yg sy beli :
    -tidak melayani tanya
    jawab harga apapun.
    -kirim gambar lengkap.
    - ALAMAT LOKASI BARANG DISEBUTKAN.
    -sebut harga jual langsung.

    Jangan tawarkan barang kpd sy :
    -tanah
    -rumah
    -kapal
    -besi
    -kendaraan
    -gedung
    -pabrik
    -mall

    Dijual barang :

    - kayu gaharu jenis AB , CHIPS , SERBUK , KEMEDANGAN , DEKOR , GAHARU FOSIL , dsb untuk kebutuhan export , bibit minyak wangi , dupa , dll..
    **KAPASITAS SUPPLY MULAI 20KG SAMPAI 1 TRUK FUSO
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )..

    -serba ban bekas kendaraan umum / alat berat , dsb kondisi apa adanya & sudah dibelah 2..
    **Kapasitas supply 10-40 ton per 1 x kirim
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )

    -kaleng bekas minuman pocari sweat , larutan kaki 3 , sprite , dsb..
    **KAPASITAS SUPPLY 100 TON PER 1 BULAN
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )

    catatan : Hanya harga barang yg cocok dibeli ssuai bidang sy

    Salam sukses untuk semuanya

    HUBUNGI SEGERA VIA SMS / CALL / WHATSAPP :

    089650091317
    BENI

    ReplyDelete

Pesan untuk Blogger

Jika sobat punya pertanyaan atau saran, silahkan tuangkan didalam kotak komentar :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Flag Counter
HTML hit counter - Quick-counter.net
<bgsound src="http://www.4shared.com/embed/i_rKRv0L/We_Are_The_Champions_-_Instrum.swf"> </bgsound>

Home

WELFARE OF SMAN 1 SINDANG