Tuesday, 9 April 2013

Posted by Septian Hidayat
1 comment | 08:08

Berbicara tentang browser lagi. Kemarin saya telah membahas Tampilan Sederhana Browser Mempercepat Loading Startup Browser. Pada artikel tersebut telah saya tunjukkan 5 Browser populer yang saya gunakan dengan tampilan yang sangat sederhana, minimalis dan tidak neko-neko yang memungkinkan loading startup browser dengan cepat. Lantas dari kelima browser tersebut (Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer dan Safari), sebenarnya browser mana yang paling cepat? Di sini kita akan bisa menentukan browser mana yang paling cepat di antara kelima browser tersebut dengan melakukan uji tes Benchmark.
Jika masing-masing orang disuruh menentukan antara browser Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer atau Safari mana yang lebih cepat, kemungkinan jawaban mereka akan berbeda-beda. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh selera, pengalaman selama menggunakan browser, kebiasaan atau juga karena kemudahan dalam menggunakan browser itu. Ibarat jika kita disuruh memilih Sistem Operasi mana yang paling bagus, kemungkinan jawaban sebagian besar adalah sistem operasi Windows karena kebiasaan dan kemudahan dalam pengoperasiannya.
Dan saya sendiri jika disuruh memilih dari kelima browser tersebut, saya lebih memilih browser Firefox sebagai browser yang tercepat (menurut saya). Mungkin ini dikarenakan kebiasaan dan kemudahan Firefox kali ya. Saya sendiri pun sudah mencoba berbagai macam browser, akan tetapi bagi saya Firefox lah yang tercepat. Saya hanya melihatnya hanya dari segi waktu yang dibutuhkan untuk membuka suatu halaman web, loading Firefox lebih cepat daripada browser lainnya.
Lantas bagaimana jika kecepatan masing-masing browser diukur menggunakan tool yang memang didesain untuk mengukur kecepatan browser, apakah benar browser pilihan anda adalah browser yang tercepat? Untuk itu mari kita lakukan sedikit uji coba.
Di sini saya akan menggunakan tool dari sebuah website yang memang dikhususkan untuk mengukur kecepatan performa browser, yaitu Peacekeeper, produk dari Futuremark. Baru-baru ini Futuremark telah merilis versi terbaru dari Peacekeeper. Dan di versi terbaru ini telah dibuat menggunakan standar HTML 5 terbaru. Di samping digunakan untuk mengukur performa browser PC, Peacekeeper juga bisa digunakan untuk mengukur browser bawaan Smartphone dan Tablet PC. Pokoknya segala sesuatu yang memanfaatkan koneksi internet baik PC maupun Mobile Phone.
Futuremark sendiri adalah website Benchmark yang paling netral, artinya mereka tidak terhubung dengan vendor browser mana pun sehingga pantas jika digunakan untuk uji performa dari kelima browser tersebut di atas. Jika anda mengunjungi website Peacekeeper maka di sana akan ditunjukkan bahwasanya browser Google Chrome adalah browser tercepat sejak 19 September 2011.

Apakah benar memang Google Chrome adalah browser yang paling tercepat saat ini? Mari kita buktikan.
Di sini saya akan melakukan uji coba Benchmark dari lima browser berbeda yaitu Firefox 8, Google Chrome 15, Opera 11.52, Internet Explorer 9 dan Safari 5.1.2. Kita lihat browser mana yang memiliki skor paling tinggi jika dilihat dari segi standar HTML5, maka browser tersebut bisa disebut sebagai browser tercepat dan memiliki performa yang paling tinggi. Dan setelah saya lakukan tes didapatlah hasil sebagai berikut.

 Skor Browser Firefox 8
 Skor Browser Google Chrome 15
 Skor Browser Opera 11
 Skor Browser Internet Explorer 9
Skor Browser Safari 5

Jika dilihat dari hasil Benchmark di atas memang terlihat skor browser Google Chrome adalah yang paling tinggi, ini berarti menunjukkan performa Google Chrome memang melebihi daripada browser lainnya. Ini dikarenakan saat saya melakukan pengujian hanya browser Google Chrome yang menjalankan semua tes dengan sempurna, tidak ada yang dilewatkan. Sedangkan browser lain seperti Firefox ada tes yang dilewati dikarenakan terdapat peringatan jika browser tersebut tidak memiliki fitur yang mendukung dengan tes yang dijalankan. Berarti memang browser Google Chrome memiliki standar HTML5 yang dibutuhkan.
Tapi walaupun demikian saya tetap memilih Firefox sebagai browser yang menurut saya paling cepat dalam mengakses halaman website. Firefox sendiri juga menjadi browser yang paling populer saat ini. Dari rekaman website Peacekeeper sendiri, 30% dari browser yang telah mengakses website mereka untuk uji tes adalah menggunakan browser Firefox. Ini menunjukkan bahwasanya masih banyak orang yang menggunakan browser Firefox dibandingkan browser lainnya.
Rincian Tes:
Hari : Rabu, 7 Juli 2010
Waktu : 5 Menit untuk masing-masing browser, total 18 menit.
Layanan Internet yang Digunakan : Flexi Unlimited
Kecepatan Internet : 153 Kbps.
Alat Penguji : SunSpider JavaScript Benchmark
Hasil Tes :
Hasil tes mengatakan bahwa posisi pertama ditempati oleh Google Chrome 5.0.375.99, posisi kedua adalah Mozilla Firefox 3.6.6 dan yang teakhir adalah Internet Explorer 8.


Semoga bermanfaat :)

 

Reactions:
Comments
1 Comments

1 comment:

Pesan untuk Blogger

Jika sobat punya pertanyaan atau saran, silahkan tuangkan didalam kotak komentar :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
<bgsound src="http://www.4shared.com/embed/i_rKRv0L/We_Are_The_Champions_-_Instrum.swf"> </bgsound>

Home