Tuesday, 16 April 2013

Posted by Septian Hidayat
4 comments | 16:17
200x200
Hari Kebangkitan Teknologi Nasional sudah diperingati 17 tahun. Namun, apakah perkembangan teknologi kita semakin maju? Pertanyaan tersebut terjawab saat mantan presiden BJ Habiebie memberikan tanggapan terhadap maju tidaknya teknologi kita dalam pidato peringatan Hakteknas di Bandung. Habiebie mempertanyakan apa yang dipersembahkan generasi penerus dalam peringatan Hakteknas ini. Dalam pidatonya yang bertajuk Reaktualisasi Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Membangun Kemandirian Bangsa Habiebie menyatakan kecewa terhadap kemunduran teknologi di Indonesia. Produk pesawat terbang, kapal laut, dan kereta api yang pernah dirancang bangun telah dihentikan dalam euforia reformasi, bahkan saat ini dalam proses penutupan.

Lebih lanjut ia mengatakan industri dirgantara, kapal, kereta api, industri mesin, elektronika-komunikasi, industri senjata, dan lainnya sekarang tidak dapat lagi perhatian dan pembinaan, katanya menandaskan. Dengan terpuruknya program pengembangan dalam negeri tersebut, banyak insinyur desain memilih ke luar negeri untuk bekerja di industri pesawat terbang lain, ujarnya. Yang lebih tragis, sarana pengembangan SDM di industri, di Puspiptek, di perguruan tinggi, serta di pusat-pusat unggulan yang dikoordinasikan oleh Kemristek dialihkan ke bidang lain atau dihentikan. Kondisi ini memicu konsumerisme teknologi besar-besaran dengan dibukanya keran impor.



Reactions:
Comments
4 Comments

4 comments:

  1. orang anak bangsa indonesia yang berkualitas kurang dihargai di negara kita, yang di hargai adalah orang pejabat yang suka korupsi doang, gmana mau maju?????

    ReplyDelete
  2. jika pendidikan di indonesia di perhatikan , pasti teknologi yang indonesia miliki akan maju, dan bisa saja setara dengan negara2 maju.

    ReplyDelete
  3. @Mieldha hamzah Fadilah : setuju, pemerintah kurang apresiasi untuk pengembangan tekhnologi . seperti halnya sya ambil contoh antivirus indonesia yaitu smadav . slain itu jga banyak antivirus buatan indonesia yang bagus dan setara dngn smadav tetapi krang pnghrgaan dngn antivrus tersebut :) apkah ada yng berpendapat lain ?

    ReplyDelete
  4. @Ibnu Ali : itu pastinya , Semakin besar keingintahuan kita untuk belajar pasti berkembanglah inovasi tekhnologi yang baru dan berkualitas untuk Indonesia :) bgaiman apa ada yg brpndpat lain ?

    ReplyDelete

Pesan untuk Blogger

Jika sobat punya pertanyaan atau saran, silahkan tuangkan didalam kotak komentar :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
<bgsound src="http://www.4shared.com/embed/i_rKRv0L/We_Are_The_Champions_-_Instrum.swf"> </bgsound>

Home